Sidang Diluar Gedung Pengadilan Pada Tahun Anggaran 2018

Pada hari Jumát, tanggal 23 November 2018 Tim Sidang Luar Gedung PA. Batusangkar melaksanakan sidang terakhir untuk tahun anggaran 2018. Sidang terakhir tersebut dilaksanakan di Kecamatan Sungai Tarab.

Selama tahun 2018, telah dilaksanakan 22 kali sidang luar gedung ini, yang dimulai pada bulan Januari 2018. Pelaksanaan sidang luar gedung di wilayah hukum Kabupaten Tanah Datar ini menggunakan dana APBN DIPA Pengadilan Agama Batusangkar Kelas I.B sebanyak 99,96% dari pagu anggaran sebesar Rp. 50.000.000 (Lima puluh juta rupiah).

Jumlah perkara yang disidangkan dalam kegiatan sidang luar gedung ini berjumlah 57 perkara selama tahun 2018. Sidang luar gedung merupakan salah satu pelayanan bantuan hukum bagi masyarakat sesuai amanat Peraturan Mahkamah Agung Nomor 1 Tahun 2014 dengan tujuan meningkatkan akses terhadap keadilan bagi masyarakat yang sulit atau tidak mampu menjangkau gedung pengadilan akiba keterbatasan biaya, fisik atau geografis. Dalam pelaksanaan sidang di luar gedung Pengadilan Agama Batusangkar Kelas I.B Tahun 2018, majelis hakim bersidang di beberapa kecamatan (Lintau Buo, Padang Gantiang, Tanjung Baru, Salimpaung dan Sungai Tarab) melalui koordinasi dengan instansi kecamatan terkait.

Sidang luar gedung ini sangat membantu masyarakat Kabupaten Tanah Datar, mengingat akses transportasi masyarakat cukup sulit, sehingga masyarakat yang akan berurusan di Pengadilan Agama Batusangkar Kelas I.B akan menghabiskan waktu dan biaya lebih. Sidang luar gedung tahun 2018 berakhir pada bulan November, sehingga di bulan Desember tidak ada lagi pelaksanaan sidang luar gedung. “Kegiatan ini akan terus dilanjutkan pada tahun 2019 mendatang dan diharapkan dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, dan lebih banyak lagi masyarakat yang merasakan manfaat kegiatan ini,” harap Wakil Ketua Pengadilan Agama Batusangkar Kelas I.B, Dra. Hj. Jubaedah, S.H., M.H. (R.A)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *